Wisata Kayak Di Alaska

Wisata Kayak Di Alaska

Alaska Blog Kayak

Wisata Kayak Di Alaska – Berkat tersedianya banyak pulau serta teluk, wilayah Alaska seolah tercipta untuk menjadi tempat ideal bermain kayak di laut lepas. Kegiatan ini merupakan pilihan yang tepat untuk menelusuri negara bagian tersebut dengan sepuasnya yang anda inginkan. Berbagai pemandangan alami yang menakjubkan tidak akan dapat anda temui di belahan bumi manapun juga.

Teluk Alaska sangat luas dikenal oleh wisatawan dan turis asing sebagai sumbernya berburu foto panorama berupa gletser. Bukan hanya itu, kumpulan satwa liat yang bermukim di dalamnya pun terlihat sangat eksotis dan eksklusif. Anda bisa memulai liburan anda dengan mendayung kayak mengelilingi gunung es Bear Glacier yang terletak di dalam Taman Nasional Kenai Fjords.

Wisata Kayak Di Alaska

Sembari melakukan eksplorasi, jangan sampai lupa memotret spesies elang langka dan beruang plontos yang hidup di sekitar danau Chilkoot. Masih kurang puas? Coba sendiri sensasi menakjubkan dari indahnya Mendenhall Glacier yang tiada tara. Di Alaska juga terdapat semacam base camp yang mengapung dan ada banyak sekali anjing laut dan rusa berekor hitam.

Sebuah pengalaman yang sangat jarang sekali bisa kita temui di daerah perkotaan. Kegiatan mendayung kayak anda akan ditutup dengan cuci mata berkat hamparan tanaman hijau nan subur di Tongass National Forest.

Desain Dan Kegunaan Kayak Dari Wisata Kayak

Kayak merupakan sarana transportasi air berbentuk perahu kecil yang khas dari suku Inuit. Perahu ini sangat unik karena bentuknya yang hampir tertutup kecuali sebuah lubang di tengah. Lubang ini berfungsi untuk menjadi semacam kokpit bagi pengendali kayak.

Desain Dan Kegunaan Kayak

Suku Inuit mendesain kayak sedemikian rupa untuk meminimalisir tenggelamnya perahu akibat kemasukan air. Alat dayung kayak bisa terdiri dari satu atau dua kepala dayung tergantung kegunaan. Meskipun lazimnya digunakan untuk pengemudi tunggal, namun kayak bisa juga dipakai untuk berdua.

Desain awal kayak sangatlah sederhana sekali dengan bahan kayu yang ditutup oleh kulit hewan. Kulit ini akan ditarik hingga merenggang dan menegang sedemikian rupa sampai seluruh bahan kayu tertutupi. Meskipun lebih dikenal sebagai transportasi khas suku Inuit, faktanya adalah penggunaan kayak ini juga kerap ditemui pada suku lain.

Tercatat bahwa suku Ainu, Aleut, dan orang Eskimo juga senang bepergian dengan kayak. Mereka biasanya rajin sekali pergi berburu, memancing ikan, atau berkunjung ke rumah saudara di desa lain. Ada beberapa hewan tertentu yang baru bisa diburu hanya jika menggunakan kayak.

Hewan itu antara lain yaitu karibu, anjing laut, paus, serta mamalia laut lain. Kayak sangat cocok dipakai dalam kondisi ini sebab kelincahannya bermanuver dan top speed serta akselerasinya cukup baik. Dalam suasana berperang, kayak sangat bisa diandalkan untuk melakukan kegiatan mengintai musuh atau menyelinap di sepanjang garis pantai.

Asal Usul Perahu Kayak

Asal Usul Perahu Kayak

Nama kayak sendiri dikutip dari bahasa Greenland dengan terjemahan yaitu perahu orang. Perahu kayak di zaman dulu kala sering kali ramai digunakan oleh penduduk Amerika Utara, Greenland, atau Siberia. Orang Siberia lah yang pertama kali membuat gagasan untuk menciptakan perahu dengan penutup kulit hewan.

Yang sering umum dipakai untuk menutup kayak biasanya adalah kulit anjing laut. Setelah dibersihkan sedemikian rupa, kulit anjing laut dijahit supaya menjadi selembar kain besar. Kain tersebut dipotong mengikuti pola agar muat dan pas dipasangkan ke kayak. Penemuan ini pertama kali justru dinamai dengan ‘umiak’.

Si perahu umiak ini ditiru dan diadaptasi desainnya oleh suku Inuit yang bermukim di wilayah kutub utara. Mereka gemar memaksimalkan pemanfaatan perahu ini untuk sarana transportasi serta menemani kegiatan berburu paus. Setelah beberapa lama kemudian, umiak dianggap kurang praktis karena bobot dan ukurannya yang termasuk lumayan besar.

Asal Usul Perahu ini

Suku Inuit akhirnya melakukan sejumlah rombakan hingga umiak dapat dibikin dengan ukuran kompak dan lebih ringan. Dari situlah terciptanya perahu kayak seperti sekarang ini. Kayak paling ideal digunakan untuk mengincar buruan seperti anjing laut di pesisir pantai atau di antara berlapis-lapis es. Umiak dan kayak digunakan bergantian tergantung kepada kebutuhan saat Wisata Kayak.