Fakta Unik Alaska yang Perlu Diketahui

Alaska

Alaska adalah sebuah negara di Amerika Serikat yang bergabung dengan Amerika Serikat pada tanggal 3 Januari 1959. Negara yang dijuluki The Land of The Midnight Sun ini memiliki populasi 710.000 orang dan membuatnya menjadi negara bagian terpadat ke 48 di Amerika Serikat.

Banyak keunikan di negara satu ini. Kira-kira ada apa saja, ya? Berikut ini akan kami paparkan beberapa fakta menarik Alaska!

Fakta Negara Alaska

1.Pernah Menjadi Bagian Kekaisaran Rusia

Dulu Rusia pernah melakukan penjajahan di abad ke-17, di mana beberapa kapal penjelajah dari Rusia Semyon Dezhnyov melakukan pendaratan di Alaska. Mereka pun membuat pemukiman di sana. Hal itu berlanjut dengan terjadinya penjajahan yang dilakukan oleh usia di tahun 1784.

Tetapi uniknya, penjajahan ini tidak begitu berhasil dan malahan AS membeli Alaska dari kekaisaran Rusia sebesar USD7,2 juta dolar.

2.  Para Penduduk di Bayar Untuk Tinggal di Alaska

Keunikan lain dari negara ini adalah para penduduknya dibayar untuk mau tinggal di Alaska. Alaska sendiri merupakan negara yang memiliki banyak sumber daya alam, hal itu membuat Alaska Permanent Fund didirikan di tahun 1976 untuk mengelola minyak negara.

Dana negara ini pun semakin bertumbuh karena adanya investasi yang dilakukan pada bidang lainnya. Setiap tahunnya, dividen dibayarkan pada penduduk Alaska yang sudah memenuhi syarat untuk mendapatkannya.

3. Dekat dengan Rusia

Jika kamu merupakan sosok yang kuat dan sanggup berenang, maka kamu bisa pergi dari Alaska ke Rusia hanya dengan berenang. Lebar dari selat Bering yang memisahkan kedua negara ini di titik tersempitnya hanya sekitar 131.966 KM.

Pulau Rusia disebut dengan Big Diomede, sedangkan Alaska adalah Little Diomede. Kedekatan pulau-pulau ini membuat kamu bisa melihat orang lain yang berada di pulau di sisi lainnya.

4. Banyak Gunung Tertinggi AS di Alaska

Alaska merupakan tempat yang memiliki banyak pemandangan memukau. Tentunya kamu tidak akan pernah kehabisan kata-kata untuk memuji betapa indahnya negara bagian satu ini.

Bahkan di Alaska, kamu bisa menemukan 5 gunung tertinggi di seluruh AS yang berada di Alaska. Salah satu gunung yang ada di negara ini adalah Gunung Denali yang memiliki ketinggian 20.310 kaki atau 6,2 KM.

5. Ada Banyak Gunung Aktif di Alaska

Alaska berposisi di sebuah kepulauan yang bernama Aleut, sebuah wilayah yang membentang melintasi Samudra Pasifik dan kerap kali mengalami gempa bumi. Di sini juga terdapat banyak gunung berapi aktif.

Salah satu gunung api terbesar yang ada di sana adalah Gunung Shishaldin, gunung yang berada di Kepulauan Aleut.

6. Terdapat Hutan Nasional Terbesar di AS

Terakhir yang akan kami bahas adalah keberadaan hutan di Alaska. Bukan hanya gunung-gunung tinggi saja yang bisa kamu temui di negara satu ini, tapi kamu juga bisa menemukan hutan yang berada di Pantai tenggara Alaska, tepatnya di Hutan Nasional Tongass.

Hutan terbesar di Amerika Serikat ini memiliki luas sekitar 16,7 juta hektar dan bahkan hampir setengah dari ukuran Florida. Hutan hujan sedang ini merupakan rumah untuk banyaknya flora dan fauna yang sudah terancam punah saat ini.

Itulah beberapa fakta yang bisa kami berikan mengenai Alaska. Mungkin fakta-fakta ini bisa membuat kamu semakin tertarik untuk mengunjungi negara penuh dengan pesona satu ini. Selamat berlibur!