Burung Unik ini Terbang Sejauh 12.000 Kilometer dari Alaska

Burung Unik Terbang 12 KM

Godwits ekor belang (Limosia Lapponica) baru saja terbang selama 11 hari lamanya dari Allaska ke Selandia Baru dengan menempuh jarak hingga sebesar 7.500 mil atau setara dengan 12.000 kilometer tanpa ada hentinya. Dimana The Guardian melaporkan aksi ini dengan memecahkan penerbangan nonstop terpanjang di antara burung yang diketahui oleh para ilmuwan.

Jenis burung ini berperawakan besar, berisik dan berwarna kayu manis. Tidak hanya itu saja, mereka juga dikenal melakukan migrasi yang sungguh mengensankan antara Alaska dan Selandia Baru. Dimana mereka terbang ribuan mil jauhnya tanpa henti. Seekor burung tertentu didorong oleh angina timur yang mampu meperpanjang perjalananya, terbang lebih lama dari jenisnya yang diketahui hingga saat ini. Para ilmuwan ini juga melacak Godwits jantan yang dikenal sebagai “4BBRW” untuk cincin identifikasi berwarna di kakinya, bertumpu biru, biru, merah, dan juga putih. Di tahun 2019, mereka berhasil menangkan dan menandi 4BBRW bersama dengan 19 Godwits ekor belang lainnya di Firth of Thames, tenggara Auckland.

Selebaran ketahanan ini berangkat dari negara Alaska Barat Daya pada tanggal 16 September setelah menghabiskan beberapa bulan makan di dataran lumpur Alaska. Meskipun para Godwiths berat selama ini, mereka diketahui mengecilkan organ internal mereka untuk digunakan migrasi ataupun perjalanan ringan. Setelah meninggalkan Alaska, godwits ini terbang kea rah selatan di atas kepulauan Aleut dan mendarat di sebuah teluk dekat Auckland yang berada di arah Selandia Baru. Satelit mencatat waktu di angka 7.987 mil atau setara dengan angka sebesar 12.854 km.

Terkadang mereka terbang hingga kecepatan 55 mph atau setara debfab 89 km/jam. Sebelumnya, penerbangan ini nonstop terpanjang yang telah tercatat di antara burung yang dilakukan oleh Godwits ekorbelang betina yang terbang sekitar 7.145 mil atau selama Sembilan hari di tahun 2007.

Perjalanan ini tidak hanya memberikan kesan saja tetapi memiliki mana budaya bagi orang yang ada di Selandia Baru. Untuk suku Maori, penduduk asli Polinesia ini ada di Selandia baru.

Related Post